Selasa, 06 Agustus 2013

Menaklukan Orang Banyak

Keadaan gugup (nervous) atau demam panggung memang hal yang tidak asing kita hadapi bila menghadapi orang banyak. Dari mulai persentasi, pidato atau perform didepan orang banyak yang namanya tegang alias gugup pasti ada aja deh. Sejago-jagonya orang ngadepin orang banyak yang namanya tegang pasti tetep ada. Disini saya mau berbagi tentang keadaan yang seperti ini. Tapi menurut Pribadi saya sih, namanya tegang itu lumrah dan wajar kok. Justru dengan adanya perasaan seperti ini bikin kita jd kontrol dan lebih mempersiapkan diri. 


Pengalaman saya juga saat perform dihadapan org banyak dl (cieeeee mantan anak band :p) juga ngalamin yang kayak beginian. Kalau buat saya pribadi sebelum perform selalu aja dengan gejala batuk-batuk trus perut kayak sedang berkontraksi, jd bawaannya pengen ke toilet melulu hahha. Keadaan seperti ini sih saya akalin biasanya dengan berpikir positif, loncat-loncat bahkan teriak-teriak di backstage. Bisa juga dengan main game dulu, karena menurut saya kalau saya harus latian atau mempersiapkan diri  tentang materi saya perform itu bikin dipanggung jd ngeblank alias lupaaaaaaa. Palingan juga cuman ngechek2 alat yang mau dipake dari senar sampe pedalboard yang digunakan.


Begitu juga kalau saya sedang persentasi entah di depan orang banyak atau dosen-dosen. Kalau kebanyakan ngapalin di menit-menit akhir itu malah ngebuat saya jd ngeblank alias lupa semua yang udah disiapin. Jadi persiapan itu harus sudah matang sehari sebelum persentasi. Saya juga lebih banyakin santai-santai dengan browsing , main game biar rileks di hari H.

Ini ada sedikit tips lain juga dari saya :

  1. Ambil nafas dalam-dalam sebelum mulai

  2. berpikir positif tentang diri sendiri

  3. Anggap habis persentasi ada hadiah yang menanti

  4. Buat bahan atau materi persentasi yang mudah tp sangat dikuasai

  5. Berdoa

Demikian singkat dari saya bagi-bagi pengalaman ngadepin orang banyak. Kesimpulannya sih apapun yang mau kita lakuin tetep Tuhan selalu bersama kita. Minta dan berdoalah semoga Tuhan selalu menyertai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar